Minggu, 30 Januari 2011

Pandangan Hidup dan Prinsip Hidup

Segala sesuatunya berhulu pada pandangan-hidup. Kita akan menganut prinsip-hidup yang bersesuaian dengannya, dan kitapun akan menganut pola-pikir yang bersesuaian dengan prinsip-hidup Kita itu. Oleh karenanya berhati-hatilah di dalam mengadopsi sebentuk pandangan-hidup tertetu. Ia akan secara signifikan sangat menentukan jalan-hidup Anda secara keseluruhan. Apapun agama yang kita anut lantaran kelahiran, awalnya, kita mungkin belum punya sebentuk pandangan-hidup tertentu yang pasti. Kita masih menjalani hidup secara coba-coba, dengan meraba-raba. Di dalam menjalaninya selama ini, mungkin kita telah tabrak-sana-tabrak-sini, sampai dengan menemukan sebentuk pandangan-hidup yang "rasanya cocok", sesuai dengan kondisi fisik-mental kita. Namun, kita mesti selalu ingat kalau kendati sesuatu "rasanya cocok", ia belum tentu juga baik buat kita. Apa yang kita perlukan untuk menjalani hidup ini bukanlah yang "rasanya cocok" atau yang kita senangi, melainkan yang baik dan mendatangkan kebaikan buat kita dan orang lain; bahkan bila mungkin, ia juga bisa mendatangkan kebaikan buat sebanyak-banyaknya orang. Disinilah kita perlu amat berhati-hati.

Kondisi fisik-mental kita selalu berubah-ubah. Sesuatu yang tadinya terasa amat cocok, bisa berubah drastis kini; sesuatu yang kini terasa amat cocok, bisa samasekali tidak cocok besok. Sementara itu pandangan-hidup tidaklah bisa serta-merta dirubah-rubah untuk selalu disesuaikan dengannya. Sekedar untuk bisa menerima dan meresapi suatu pandangan-hidup tertentu saja, tidaklah mudah dan butuh tak sedikit waktu. Singkatnya, kita hendak mengadopsi sesuatu yang tidak sekedar "rasanya cocok", namun yang jelas-jelas baik buat kita dan sebanyak-banyaknya orang. Tapi jangan salah lagi disini; "sesuatu yang baik buat sebanyak-banyaknya orang", bukan saja belum tentu baik juga buat kita, namun ia tidak berarti bahwa kita harus ikut-ikutan menganut pandangan-hidup yang dianut oleh banyak orang. Sebab, sangat boleh jadi mereka menganutnya hanya lantaran terlahir dan terjebak di lingkungan penganut pandangan-hidup itu, atau sekedar ikut-ikutan saja.

Yang menganut pandangan-hidup tertentu, akan menganut prinsip-hidup tertentu. Prinsip-hidup inilah yang selalu akan menjadi orientasi-utama seseorang di dalam menjalani hidupnya. Misalnya, seseorang yang menganut pandangan bahwasanya hidup ini sebagai "kesempatan-emas untuk meningkatkan martabat-kelahirannya", maka ia akan berprinsip memanfaatkan sebaik-baiknya setiap peluang dan kesempatan guna mengisi kesempatan-emas ini, dimana setiap pemikiran, ucapan dan tindakannya akan selalu ia orientasikan pada yang baik dan bermanfaat untuk meningkatkan martabat-kelahirannya. Lain lagi halnya dengan mereka yang menganut pandangan bahwasanya "hidup ini hanya sekali saja", misalnya. Mereka ini bisa saja juga berprinsip memanfaatkan sebaik-baiknya setiap peluang dan kesempatan yang ada, namun guna memperkaya diri sehingga bisa bersenang-senang, bisa memenuhi setiap keinginannya, bisa memuaskan setiap dorongan nafsu-idriawinya. Semua ini mereka lakukan atas-nama "menikmati hidup" yang hanya sekali ini saja. Itulah yang menjadi orientasi-utama dari setiap pemikiran, ucapan dan tindakan mereka; itulah yang menjadi orientasi-utamanya di dalam menjalani kehidupannya ini.

Orientasi-utama seseorang di dalam menjalani kehidupannya dengan jelas mengekspresikan tujuan-hidup-nya, tujuan yang ia tetapkan berdasarkan pandangan-hidup-nya. Jadi semakin jelas bagi kita kini keterkaitan-erat antara pandangan-hidup, prinsip-hidup, jalan-hidup dan tujuan-hidup. Disadari atau tidak, setiap orang akan selalu berjalan mengarah kepada tujuannya masing-masing. Terlepas dari ras, kebangsaan, etnis, agama, jender, usia, tingkat pendidikan, bidang profesi pun kepribadian masing-masing orang "yang menentukan bagaimana caranya meraih tujuan-hidup-nya itu" rumusan ini tetap berlaku. Ia bersifat universal. Makanya, di dalam memilih, terlebih lagi memilih sebentuk pandangan-hidup—yang nantinya akan sangat menentukan jalan-hidup kita, kita perlu melengkapi diri dengan kemampuan memilah-milah antara yang baik dan yang buruk, antara yang benar dengan yang salah, antara yang asli dan yang palsu, antara yang sejati dan yang semu. Umumnya, kemampuan ini kita peroleh dari pengalaman dan pengetahuan kita. Namun, hanya mengandalkan pengalaman dan pengetahuan kita "yang sangat terbatas" saja, hanya untuk memperoleh kemampuan memilah-milah ini saja, bisa menghabiskan seluruh usia kita. Lantas kapan kita sempat menetapkan suatu pandangan-hidup tertentu untuk dijalani?

Kamis, 27 Januari 2011

Kiat Sukses Internet Marketing

Internet Marketing sebagai salah satu tren pemasaran yang sedang berkembang sekarang ini, semakin marak dijumpai. Bahasan atau ulasan topik mengenai internet marketing masih terus dikembangkan, karena setiap harinya selalu ada orang baru yang memasuki dunia maya. Maka penggunaan internet sebagai ajang pemasaran dan bisnis pun semakin besar dan beragam.



Meski telah banyak topik pada tulisan maupun blog yang membahas mengenai internet marketing, ternyata baru segelintir orang yang mampu mengaplikasikannya dengan baik, sehingga mereka mampu menghasilkan income yang luar biasa besar bahkan melebihi pekerjaan di dunia nyata. Akan tetapi kesempatan menghasilkan income yang sama besar masih bisa diraih oleh pebisnis baru sekalipun. Selain modal usaha dan akses internet yang dimiliki.



Berikut beberapa tips yang bisa meningkatkan daya jual internet marketing anda:

1. Waktu. Persoalan waktu merupakan hal krusial yang harus dimiliki seorang pebisnis untuk meningkatkan hasil internet marketing bisnisnya. Meskipun pekerjaan bisnis dunia maya yang dilakoninya bersama dengan teman atau orang lain, tetapi setiap pebisnis harus menyediakan waktu kerja bagi dirinya. Karena berbisnis menggunakan internet marketing tetap sama dengan berbisnis di dunia nyata, maka waktu kerja pun harus ditentukan dan terjadwal pasti.

Agar bisnis online yang dijalankan senantiasa ter-update, mengingat perubahan dan dinamisasi yang terus terjadi setiap saat di internet.



Jika jam atau waktu kerja anda telah terjadwal, maka anda dapat menginformasikan hal tersebut kepada pengunjung situs anda. Hal tersebut dilakukan agar mereka mengetahui jadwal kerja dari bisnis online yang anda lakukan. Menggunakan waktu secara tepat dan efisien juga berdampak pada kualitas internet marketing yang anda lakukan. Semakin optimal pemanfaatan waktu yang anda gunakan, maka hasilnya akan maksimal pula. Senantiasa terhubung dengan konsumen atau pihak lain yang berbisnis dengan anda secara on time dan sesuai jadwal, jelas meningkatkan hasil internet marketing anda. Dan akan lebih baik jika anda melakukan bisnis full time, tetapi jika anda baru memulai bisnis secara part time maka penjadwalan waktu adalah solusinya.



2. Totalitas. Mendayagunakan seluruh kemampuan dan potensi yang anda miliki untuk all out dalam bisnis dunia maya, akan memberikan keuntungan lebih. Karena anda mencurahkan seluruh pemikiran dan perhatian maka internet marketing yang anda jalankan dapat termonitor dan evaluasi secara rutin. Monitoring yang anda lakukan dapat memberi sinyalemen terhadap perkembangan bisnis yang sedang berjalan. Sementara dengan hasil evaluasi, anda akan dapat melihat strategi yang terbaik setiap periodenya. Dengan begitu, internet marketing yang anda jalankan akan memberikan hasil bisnis yang optimal. Totalitas juga akan membuat anda memberikan yang terbaik bagi kemajuan hasil internet marketing yang anda jalankan, bukan lagi sekedar mengerahkan seluruh kemampuan yang ada, tetapi juga menggali kemampuan internet marketing terbaik anda.



3. Kerja Keras. Tips ketiga sukses internet marketing ini mungkin terdengar klise. Tetapi memang kerja keraslah yang akan membuktikan hasil akhir bisnis setiap pengusaha. Banyak pengusaha yang berhenti dari bisnis yang dijalankannya karena merasa tidak memiliki harapan terhadap bisnisnya itu. Atau ada pula pebisnis yang menutup usaha yang telah dijalankannya kemudian menutup dan membuka bisnis yang baru, berharap ada perubahan hasil yang signifikan. Secanggih apapun program internet marketing yang anda buat, tetap tidak akan memberi hasil maksimal jika kerja keras dan pantang menyerah tidak anda miliki. Karena kerja keras yang akan ‘meluluhkan’ pengunjung dan mematahkan tembok rintangan yang ada, sedikit demi sedikit. Internet marketing yang dijalankan dengan kerja keras, akan meningkatkan penjualan produk dan menghasilkan income yang anda inginkan. Selamat berbisnis dengan strategi cerdas internet marketing yang anda milik. Just keep up the good work!



Sumber : http://kayadaribisnisinternet.com/sukses-internet-marketing/



Kamis, 20 Januari 2011

Bagaimana mendatangkan uang dari blog?

StevePavlina.com dibuat sekitar tahun yang lalu. Setahun kemudian pendapatannya sekitar $4.12/hari. Setahun berikutnya sudah mencapai $200/hari. Gua gak mengeluarkan sesen-pun buat memasarkan atau promosi. Malah, gua ngebikin site ini cuma dengan modal $9 itupun buat ngedaftarin nama domain, dan semuanya dimulai dari sana. Elu tentunya mau tahu gimana sih gua bisa begitu kan?

Tulisan dibawah ini bener-bener panjang loch! (lebih dari 7300 kata-kata), tapi kalo sudah diiming-imingi duit mah pasti elu baca juga (hehehe). Gua bahkan bakal ngebagi kiat-kiat khusus gua. Jika elu gak punya banyak waktu buat baca sekarang, silahkan di- bookmark atau lu print buat elu baca ntar.

Apakah elu bener-bener mau dapet duit dari blog elu?
Ada memang orang-orang tertentu yang mempunyai kegigihan pribadi buat dapet duit dari blog mereka baik secara jujur atau 'sedikit nakal'. Jika elu mikir bahwa mengomersialkan blog elu itu sebagai perbuatan yang jahat, tak bermoral, tidak etis, gak keren, cembre, tamak, naif atau apapun yang buruk-buruk maka jangan elu komersilin blog elu ! Gampang kan ?

Jika elu masih bingung apakah mau mengomersilkan blog elu atau tidak,maka lihat dulu beberapa hal ini. Jika elu mikir bahwa bikin uang dari blog elu itu bagus, maka teruskan. Jika elu pikir bahwa hal itu jahat, juga gak papa. Tapi mantapkan dulu pikiran elu sebelum elu secara serius menekuni dunia komersialisasi blog ini.

Jika elu pingin sukses, elu harus gigih dan disiplin. Menghasilkan uang dari blog bener-bener menantang — kadang-kadang elu nglokro sendiri ntar. Harusnya sih elu bakal secara alami bahagia begitu mulai dapet duit dari blog elu– kemudian elu mulai berambisi untuk dapat lebih banyak lagi !

Jika blog elu berisi tulisan elu asli, maka elu bener-bener pantaes jika dapet duit. Jika,bagaimanapun elu tetep ragu-ragu apakah ini jalan yang tepat buat elu maka mungkin tulisan berikut berguna buat elu: Seberapa egoiskan anda? (Ini membicarakan tentang bagaimana menemukan keseimbangan yang benar antara kebutuhan elu dan kebutuhan orang lain.)

Jika elu mutusin buat ngasilin duit dari blog elu, maka gak usah malu ah. Jika elu mulai masang iklan, maka pasanglah iklan itu dengan sungguh-sungguh. Jangan cumak naro iklan di pojok yang tak terlihat pengunjung. Jika elu minta sumbangan, maka bener-benerlah elu minta sumbangan. Jangan cumak naro tulisan “Donate” dan ngebiarin aja setelah itu. Jika elu mau jualan produk, maka jualanlah yang bener. Bikin atau dapatkan produk kualitas terbaik sebisa elu, dan berikan pengunjung anda alasan kuat untuk membelinya. Jika elu mau melakukan ini semua, maka elu harus bener-bener serius. Jangan setengah-setengah. Serius bener atau tidak sama sekali !

Kalau elu mulai komersil dengan web gratisan maka ada beberapa orang yang akan berkeluh kesah, tapi itu tergantung bagaimana elu melakukannya. Gua meluncurkan situs ini sejak Oktober 2004, dan gua mulai masang iklan Google Adsense di bulan Februari 2005. Ada yang bener-bener ngirimin gua feedback negatif, tapi gak gua pikirin. Soalnya jumlahnya cumak kurang dari 1 diantara 5,000 pengunjung gua yang ngirimin feedback. Kebanyakan yang ngirim feedback sih berisi dukungan positif. Semua keluhan malah ilang sendiri dalam beberapa minggu, dan sang situs mulai menghasilkan pendapatan seketika itu juga, walaupun memang masih sangat rendah — sekitar $53 di bulan pertama. Jika elu mau lihat pendapatan bulan per bulan, tinggal lihat postingan gua tentang penghasilan Adsense gua di tahun 2005. Adsense masih merupakan primadona gue sebagai tambang uang di situs ini, walopun memang bukan satu-satunya sumber. Tar gua terangin selebihnya deh…

Bisa nggak lu dapet duit halal dan banyak secara online?
Ya, jelas. Pada dasarnya lima besar pendapatan pertahun didapatkan dari bekerja penuh waktu dari rumah. Gua berhasil mendapatkan pendapatan manteb dari StevePavlina.com, dan situs ini baru bermumur 19 bulan… hampir batita. Jika elu punya kerjaan rutin, bakalan lebih lama buat dapet pendapatan buat hidup, tapi tetep ini bisa dilakukan sebagai sambilan jika elu mau mengorbankan waktu luang elu buat kerja online. Kalo gua sih selalu penuh waktu.

Apakah kebanyakan orang bisa melakukannya?
Nggak, tidak semua. Gua harap nggak ngagetin elu kalo ngeliat web site perorangan yang menggunakan program C-word yang menakutkan. Tapi gw agak menyetujui dengan mereka yang berpendapat bahwa 99% orang yangmencoba menghasilkan pendapatan betulan dari bisnis online dari blog mereka akan gagal. Tagline dari situs ini pun “Personal Development for Smart People.” Dan cilakanya (atau untungnya,tergantung sudut pandang elu), smart people itu minoritas di planet ini. Jadi karena tidak banyak orang yang bisa mendapatkan penghasilan dari internet, tapi itu tidak berlaku buat orang pinter. Cumak gimana cara mengetahui kita ini pinter ato nggak? Nih gua kasih tandanya: Jika elu masih bertanya pertanyaan dibawah ini, berarti elu bego.

Jika paragraf terakhir tadi tidak bikin inbox gua banjir umpatan, gua gak tahu sapa lagi yang bisa. GUA tentunya !

Ratio 99-1 nggak begitu aneh sih buat ngeblog. Elu ntar bakal banyak menemuin kendala untuk memulainya. Berapa persen sih orang yang meniru-niru aktor,musisi, atau atlet yang berhasil? Maksud gua, gak perlu banyak usaha buat bikin blog hare gene gitu loch ! — orang bego aja bisa bikin. Bakat sudah tentu amat berharga, dan itu berarti 'pinter' dalam dunia blogging. Tapi itu hanya modal awal ajah, kepinteran elu harus khusus. Dan kepinteran khusus itu bernama : web savvy.

Jika elu sangat web savvy, atau lu belajar untuk jadi web savvy, maka elu punya kesempatan besar buat jadi jutawan dari blogging dan itu bisa menutupi biaya hidup elu… malah nyisa banyak. Tapi jika menjadi seorang web savvy tulen malah bikin elu bingung atau berada di daerah abu-abu maka gua saranin: Jangan keluar dari pekerjaan rutin elu !.

Web savvy
Apa sih web savvy? Elu gak harus jagi seorang programmer, tapi elu musti punya pengertian fungsional yang memadai tentang teknologi web. Karena teknologi2 itu akan menjadi “kunci” ketergantungan kita di dunia blog dan alat elu buat cari uang. Gampangnya gua bikin daptar teknologi web yang minimal harus elu kuasain dulu:

blog publishing software
HTML/CSS
blog comments (and comment spam)
RSS/syndication
feed aggregators
pings
trackbacks
full vs. partial feeds
blog carnivals (for kick-starting your blog’s traffic)
search engines
search engine optimization (SEO)
page rank
social bookmarking
tagging
contextual advertising
affiliate programs
traffic statistics
email

Pilhan : podcasting, instant messaging, PHP atau bahasa web scripting yang lain.

Tentu saja gua mungkin kurang nyebutin yang laen karena keterbatasan ilmu gua. Jika baru ngelihat daptar itu doang lu udah puyeng, gua saranain elu jangan dulu jadi full time blogger dulu. Tentu saja elu masih bisa nge-blog, tapi jelas elu bakal ketinggalan jauh dengan orang yang lebih web savvy, jadi jangan pingin cepat kaya dulu seblon elu kuasain elmu-elmu dasar diatas.

Jika elu pingin ngejual produk-produk yang bisa di donlot seperti ebooks, maka elu bisa nambahin 'elmu' e-commerce, SSL, digital delivery, fraud prevention, dan online databases di daptar itu. Sekali lagi elu gak harus jadi seorang programmer; elu hanya perlu tahu pemahaman dasar dari teknologi-teknologi itu. Bahkan jika elu mampu nyewa orang buat nanganin semua tetek bengek elmu diatas, tetep ajah elu harus tahu itu juga.

Kekurangtahuan adalah penyebab utama kegagalan mendapatkan duit dari internet. Sebagai contoh,jika elu bego longa-longo tentang search engine optimization (SEO), lu mungkin akan kalah rangking di search engine dibanding orang yang hatam elmu SEO. Yang elu harus inget, semua teknologi itu harus saling inter-koneksi, jangan berdiri sendiri Menghasilkan uang dari blog adalah tindakan penyeimbangan. Elu harus menyeimbangkan antara kebutuhan elu, pengunjung lu, search engines, mereka yang nge-link ke elu, situs – situs social bookmarking , pengiklan, program-program affiliasi,dan yang lain.

Kelihatanya apa yang kelihatannya sepele, seperti penamaan web itu malah penting. Baru bikin judul tulisan ini saja gua harus mikir pemirsa potensial yang mau gua sasar. Gua pingin sedikit menarik buat dibaca pengunjung yang berjenis manusia, bikin traffic search engine meningkat, contextual ads yang menghasilkan uang banyak, cocok dengan tema situs, dan bikin orang pingin nge-link dan akhirnya ngeklik artikel kita buat di social bookmarking. Tambah lagi gua pingin bikin artikel yang menyediakan isi asli kepada pengunjung gua. Jadi gua mengerjakan apa yang gua anggap terbaik buat bikin artikel tulisan gua ini dengan mempertimbangkan semua kebutuhan. Sering itu berarti malah menghilangkan judul yang cerdas/keren demi judul lain yang lebih langsung dan gampang dimengerti khalayak rame. Ketrampilan 'remeh' seperti ini-lah yang bakal mendorong pertumbuhan traffic secara berkesinambungan dalam bilangan bulan. Hanya karena tidak mempunyai ketampilan 'remeh' ini bisa bikin cacat traffic elu. Dan masih ada buanyaak ketrampilan menulis yang memerlukan web savvy yang cukup untuk dimengerti.

Pengetahuan diataslah yang menjadi batas antara yang 1% dari 99%. Kedua kelompok itu boleh bekerja sama kerasnya, tapi kelompok yang 1% mendapat hasil yang jauh lebih banyak dengan usaha yang sama. Biasanya sih untuk bikin satu judul tulisan gua butuh waktu dibawah semenit, tapi dalam satu menit itu banyak proses mental yang terlibat. Elu harus bener-bener mempelajari pengetahuan ini sebelumnya sebelum elu terbiasa.

Kalo elu suatu ketika menemui teknologi web terkini yang belum elu kuasain, tinggal cari di Google atau Wikipedia, dan elu ulik dalem-dalem sampe elu ngerti bener dasarnya. Untuk menghasilkan uang dari blog memang harus bener-bener jadi jagoan di segala bidang. Mungkin elu pernah dengar pepatah ini, “Seorang jagoan di segala hal adalah jagoan ketiadaan.” Mungkin itu bener,tapi elu nggak harus menguasai semua teknologi ini — elu cumak harus pandai dan mahir menggunainnya. Seperti perbedaan antara bisa menyopir sama jadi mekanik mobil lah. Cepet ngerti pengetahuan fungsional dan kemudian bergerak ke arah selanjutnya. Walopun gua seorang programmer yang berpengalaman, gua aja nggak tahu berapa banyak teknologi web yang ada sekarang ini. Tapi buat apa gua peduli ? Yang penting gua bisa ngunain sebagian dari mereka untuk menghasilkan duit. Kadang butuh banyak waktu buat gua untuk mengenal benar-benar satu teknologi baru,dan akhirnya gua bisa dapet pengetahuan fungsional yang cukup untuk menggunakan beberapa teknologi itu.

Keraguan dalam perubahan
Gua cumak mau bilang bahwa resiko terbesar elu gak bakalan lebih gede daripada kesalahan yang akan bikin lu rugi. Resiko terbesar itu bernama kehilangan kesempatan. Elu butuh cara berfikir seorang pengusaha, bukan seorang pekerja. Jangan peduliin dengan resiko rugi — lebih kasih perhatianlah kepada resiko kehilangan pendapatan. Itu adalah apa yang elu enggak tahu dan itu adalah suatu hal yang bakalan lu sesalin seumur idup kalo nggak elu lakuin. Blogging itu murah. Pengeluaran dan resiko keuangan elu sedikit sekali. Keprihatinan elu harus elu arahkan ke faktor kehilangan kesempatan yang harusnya elu bisa banyak dapet uang dari situ dengan gampangnya. Elu musti mulai bikin antena buat nangkep kesempatan-kesempatan baru yang berlalu lalang. Gua secara khusus merekomendasikan dengan sangat buat langganan Darren Rowse’s Problogger blog — Darren ini betul-betul hebat kalo nyari kesempatan baru tentang bagaimana nyari uang lewat blog.

Dunia blog berganti dengan cepat, dan perubahan menciptakan kesempatan. Perlu kecerdasan untuk menentukan dan menangkap kesempatan itu sebelum mereka menghilang lagi. Jika elu ragu-ragu untuk mengeluarkan modal untuk sesuatu yang baru dan menarik,lu udah hilang kesempatan untuk dapet duit. Banyak kesempatan yang bersifat sementara soalnya. Dan tiap hari elu enggak mencoba mereka,itu berarti elu kehilangan uang yang harusnya bisa lu dapet.

Gua dulu sempet jengkel juga dengan perkembangan teknologi web yang terlalu cepat, ini malah lebih cepat dari teknologi di industri game. Dan harga dari perubahan itu adalah semakin cepatnya perubahan. Hampir tiap minggu sekarang ini gua belajar tentang layanan web baru yang menarik atau ide yang mungkin sangat berpotensi menjadi sumber pendapatan baru. Tapi gua sih seneng-seneng aja seneng berpacu dalam kegilaan inih. Kalo gua aja yang full-time blogger masih bingung maka kemungkinan yang laen juga lebih bingung lagi pasti . Apalagi orang yang hanya ngeblog sebagai sampingan, sudah jelas akan sangat kebingungan, maka mereka tidak akan pernah bisa ngejar ketertinggalan. Kesimpulanya jika gua bisa sedikit saja lebih cepat dan bisa mengerti teknologi ini maka gua bisa menghimpun banyak kesempatan serius sebelum halangan untuk memasukinya menjadi terlalu tinggi. Walaupun bingung itu enggak enak, tapi sebenernya itu hal yang baik buat seorang pengusaha web. Hal itulah yang bikin salah seorang mahasiswa mendapatkan $1,000,000 online hanya dalam beberapa bulan dengan ide briliannya. Ingat ini bukan sebuah zero-sum game (kalah menang jadi arang ). Jangan bikin kesuksesan seseorang membuat elu hilang atau iri. Malah kalo bisa jadikan itu sebagai isnpirasimu.

Apakah semua strategi penghasil-pendapatan lu?
Gua gak ingin menghina seseorang, tapi kebanyakan orang bego kalo ngomongin bagimana mendapatkan penghasilan dari blog. Mereka suka kalap tempel ini tempel itu di blog mereka dengan harapan akan jadi jutawan keesokan harinya. Sedangkan ibaratnya gua ini adalah seprang advokat kuat dengan pendekatan siap-tembak, strategi tesebut betul-betul membutuhkan apa yang akan kelak elu dapetin. Siap-tembak-tembak-tembak-tembak cumak akan bikin kaco.

Sisihkan waktu sebentar untuk menentukan sebuah strategi dasar penghasil-pendapatan buat situs elu. Jika elu bego dalem bidang strategi, maka elu minimal punya ide umum bagaimana elu mau cari duit. Elu nggak perlu rencana-bisnis yang serius, hanya sebuah 'pernyataan' tentang bagaimana elu merencanakan untuk mendapatkan mulai dari $0 per bulan sampai berapapun tujuan anda. Permulaan target tujuan gua dulu ketika gua pertamakali memulai situs ini adalah $3000 per bulan. Mungkin agak terlalu kecil sih, yang jelas gua tahu kalo gua bisa menghasilkan segitu sebulan, berarti gua bisa dapet lebih banyak lagi dan $3000 itu cukup buat gua waktu itu. Gua dapet level segitu setelah 15 bulan umur situs ini (bulan December 2005). Dan semenjak itu terus melaju dengan mantabnya. Penghasilan dari blogging sebetulnya sangat mudah buat mempertahankannya. Ini jauh lebih aman daripada kerjaan kantoran. Nggak ada yang akan mecat gua, dan kalo pendapatan dari satu sumber sudah habis, gua tingggal ngganti dengan yang lain. Tar deh gua tulis penghasilan yang bermacam-macam setelah ini…

Apakah elu akan menghasilkan duit dari iklan, komisi afiliasi, penjualan produk, donasi, atau yang lain? Mungkin juga elu pingin kombinasi dari semua itu. Apapun yang elu pilih, tulis strategi elu di kertas. Gua cumak butuh 15 menit untuk menghasilkan setengah halaman ringkasan dari strategi cari uang gua. Gua cumak mengulangya sekali setahun dan mengevaluasi sekali sebulan. Sudah gampang, dan membantu gua ke arah mana gua akan tuju. Itu juga bisa bikin gua cepat berkata tidak ke kesempatan yang tidak sejalan dengan rencana gua.

Selalulah mengacu ke strategi cari uang elu (atau filosofi) ketika elu butuh untuk keputusan desain web lu. Walopun elu mungkin punya banyak sumber penghasilan, putuskan yang mana yang bakal elu jadikan penghasilan utama, dan desain situs elu buat mereka. Kalo elu butuh mengarahkan orang ke -misalkan- order form, atau apakah elu bakal narok iklan di seluruh halaman situs? Strategi cari uang yang berbeda akan menghasilkan pendekatan desain yang berbeda pula. Pikirkan tentang tindakan khusus yang elu pinginin supaya pengunjung situs elu akhirnya bisa menghasilkan uang buat elu.

Ketika memutuskan strategi cari uang lu,gak papa kalo mau curang dikit. Jangan mencoba menemukan kembali teknologi roda wong roda sudah ada gitu lho. Contoh saja stategi orang lain yang elu yakinin bakal bisa elu lakuin juga. Jangan tiru isi atau lay out orang lain (soalnya ini pelanggaran hak cipta), tapi catatlah bagaimana mereka menghasilkan uang. Gua mutusin untuk menghasilkan uang dari situs ini dengan iklan dan afiliasi setelah melakukan penelitian bagaimana blogger yang sukses menghasilkan uang. Baru kemudian gua tambahin link donasi juga. Dan ini merupakan kombinasi yang bagus.

Traffic, traffic, traffic
Anggaplah lu pade pada PD buat ngasilin duit dari blog elu ( lagian gua juga blon nakut2in elu inih…ya gak ?), tiga kata pusaka yang elu mesti inget terus adalah traffic, traffic, dan traffic. Buat gambaran ajah, di bulan April 2006 site gw menerima lebih dari 1,1 juta pengunjung dan lebih dari 2,4 juta page views. Itu berarti hampir tiga kali lipat hanya dalam jangka waktu enem bulan !

Kenapa sih traffic begitu penting? Karena kebanyakan cara untuk mendapatkan duit dari internet adalah fungsi dari traffic. Jika elu bisa bikin dobel traffic elu, kemungkinan penghasilan elu dobel juga (anggeplah secara demografik pengunjung elu tetep). Elu boleh tidak ambil pusing dengan factor yang lain, jika elu sudah bisa dapet traffic yang manteb, Kalo traffic sudah tinggi, susah buat gagal :P. Dengan traffic yang cukup, resiko terbesar adalah paling elu suka ngutak-atik web elu biar dapet duit yang lebih banyak lagi (asal elu bisa njaga pengunjung web elu stabil).

Pas gua pertama kali ngluncurin blog ini, gua udah tahu kalo bikin traffic yang tinggi merupakan tantangan terbesar gua. Semua rencana gw gua kerahkan demi pengembangan traffic. Jika gua gak bisa ngembangin traffic, sudah jelas susah untuk sukses. Jadi gua belum mulai mengomersilkan situs gua selama beberapa bulan awal. Saat itu gua terfokus ke traffic building. Bahkan setelah 19 bulan, traffic building masih tetep menjadi bagian penting dari rencana komersil gua. Level traffic gua sekarang, setahu gua masih belum ngasilin duit yang banyak, tapi gak masalah sih. Sekarang yang lebih penting buat gua adalah terus mengembangkan situs ini, dan seiring dengan itu gua masih optimis uang akan mengalir.

Traffic ibaratnya adalah bahan bakar penghasil duit secara online. Makin banyak pengunjung berarti makin banyak klik iklan, makin banyak produk terjual, makin banyak penjualan afiliasi,makin banyak donasi, makin banyak permintaan konsultasi, dan makin banyak apapun yang bisa menghasilkan uang buat elu.

Hanya dengan ngandelin traffic, lu mesti tahu bahwa dilihat dari apapun yang kaya akan semakin kaya. Traffic yang tinggi memicu lebih banyak lagi kesempatan traffic-building yang nggak mungkin bisa dilakuin situs yang punya traffic rendah. Rata-rata ada 20 bloggers yang nge-link ke gua tiap harinya, artikel-artikel gua dengan mudahnya menyusup di deretan teratas situs-situs macem del.icio.us, dan gua semakin banyak mendapat permintaan wawancara dari radio. Malah di awal tahun ini gua diliput USA Today dan di Self Magazine, yang kalo digabungin punya pembaca berjuta-juta. Para wartawan bisa tahu gua karena melakukan googling di topic yang gua tulis. Kesempatan2 seperti itu nggak mungkin terjadi pas waktu gua dulu baru mulai. Situs yang popular jelas-jelas punya keuntungan besar. Semakin banyak traffic eluh, semakin banyak yang bisa lu dapet.

Jika elu pinter dan web savvy, lu juga ntar bisa sih punya situs web yang punya trafik tinggi. Dan elu bisa meningkatkan lagi traffic untuk dapet traffic yang lebih tinggi lagi.

How to build traffic – Bagaimana sih kita membangun trafik ?
Nah, sekarang kalo kita udah sadar kalo traffic itu penting bagaimana kita harus mulai membangun dari dasar ?

Gua udah nulis sebuah tulisan yang panjang tentang topik ini, jadi gua tuntun elu ke sono ajah: Bagaimana membangun sebuah situs web atu blog yang bertraffic tinggi. Jika elu gak punya waktu buat baca sekarang, silahkan dibookmark atau diprint. Tulisan itu intinya memuat tentang filosofi umum gua tentang traffic-building, yang pada intinya adalah menulis tulisan asli elu yang berharga buat pengunjung elu. Gak ada permaenan ataupun gimmicks dalam hal ini.

Meski begitu ada satu kiat traffic-building yang penting yang bakal gua sajikan disini.
Blog Carnivals. Ambil keuntungan penuh dari blog carnivals ketika elu baru mulai ngeblog. Secara terjadwal coba mulai kirim tulisan terbaik elu di carnival yang paling sesuai dengan tema blog elu. Carnivals adalah cara paling mudah untuk mendapatkan link dan traffic, dan yang paling mantebnya adalah, GRATIS! Lagian ngirim juga hanya butuh waktu beberapa menit inih . Coba gunain form sign-up sederhana di Conservative Cat. JANGAN pernah bikin spam di carnivals dengan materi yang gak berhubungan — kirimlah hanya artikel-artikel yang berhubungan.

Di awal pembangunan trafik gua, gua kirim ke carnivals sekali seminggu, dan ini sangat membantu jumlah pengunjung, bayangin aja dari hampir gak ada pengunjung sampai mencapai 50.000 pengunjung per bulan ! Tetep saja elu mesti masih harus menghasilkan tulisan-tulisan yang bagus, dan tentu saja carnivals masih bisa meroketkan blog/situs elu. Carnivals itu semacem tempat bagi pelawak amatiran untuk menunjukkan bakat mereka di panggung. Sampai sekarang pun gua masih suka mengirim ke beberapa carnivals, tapi karena traffic gua udah begitu tingginya dan punya posisi tawar, mereka ga begitu ngefek lagi. Hanya untuk menaikkan trafik gua sebesar 1% dalam satu bulan, maka gua butuh 11.000 pengunjung baru, dan meskipun carnivals yang paling bagus pun gak bakalan bisa ngasilin angka segitu. Tapi bagusnya elu bisa memanen belasan bahkan mungkin ratusan pelanggan baru dari tiap putaran pengiriman carnival, jadi memang carnival merupakan tempat yang bagus buat mulai. Dan, sangat mudah :P.

Jika traffic elu masih belum tumbuh selama berbulan-bulan, apakah berarti elu telah melakukan kesalahan ? Kelihatannya sih elu kurang bener dalam melakukannya. Sekali lagi, membuat kesalahan bukan masalah besar. KEHILANGAN KESEMPATAN lah yang merupakan masalah terbesar !

Will putting ads on your site hurt your traffic? Apakah naro iklan di situs elu bikin trafik jeblok ?
Inilah contoh ketakutan umum yang sering gua denger dari orang-orang yang mau mengomersilkan situs web mereka:

Naro iklan di situs gua bikin trafik situs berkurang. Iklan-iklan itu bikin orang-orang malah pergi, dan jarang yang mau balik lagi.

Weleh, kalo menurut pengalama gua sih hal seperti ini bener-bener, berani taruhan, tentu saja… SALAH. Gak bener itu. Lihat saja apa yang terjadi di traffic gua pas gua masang iklan di situs gua. Kaga ngaruh men ! Coba tebak lagi ketika gua malah nambahin iklan yang lebih banyak dan link donasi. Kagak ngaruh ! Gua bisa membuktikan kalo ngak ada efek buruk masang iklan pada trafik kita. Traffic tetep melaju kenceng dengan tingkat yang sama dengan seblon ada iklan di situs gua. Kenyataannya malah mbantu gua sedikit, karena beberapa blogger malah nge-link ke situs gua untuk ngasih tahu bahwa mereka terganggu dengan tata letak iklan gua. Gua serahin ke elu pade kalo mau berteori tentang hal itu sih ! Gua bilang sih ini mungkin disebabkan karena banyaknya iklan online, sehingga orang sudah muak begitu masih ada iklan di situs gratisan, jika mereka menghargai isi, pasti mereka masih balik lagi,walopun kata mereka yang nggak suka iklan mbosenin.

Setiap orang sehat dan dewasa pasti paham lah kalo setiap blogger juga manusia, butuh duit juga dari hasil keringat mereka. Gua sih beruntung, pengunjung situs gua sudah pada dewasa semua — anak kecil biasanya tidak tertarik ke pengembangan pribadi. Untuk menciptakan tulisan kayak gini aja butuh usaha yang keras lho, belum lagi kalo inget bagaimana susahnya nyari duit pas awal-awal dulu wuih, pokoknya keras deh.

Boleh percaya boleh tidak, tulisan ini gua buat lebih dari 15 jam buat nulis dan ngedit.

Pantes kan kalo dapet duit? Jika elu gak dapet manfaat dari tulisan ini, elu nggak rugi juga kan? Enak kan? Semakin banyak suatu blog menghasilkan uang, semakin banyak yang bisa gua taro di situ. Contohnya, Gua sisihkan pendapatan gua dulu buat ngebeli peralatan buat podcasting dan nambahin podcast di situs ini. Gua sudah merekam 13 episode sejauh ini. Dan podcast-podcast itu gratis !! Gua juga berencana menambahkan layanan baru di situs ini bebrapa tahun ke depan. Semakin banyak duitnya = semakin bagus layanannya.

Pada waktu gua nulis tulisan ini,situs gua begitu banyak iklannya. Beberapa orang menuduh gua nggak menyadarinya:

“Tahu gak lu, Steve, situs web elu kebanyakan iklan tuh, sepet kite.”

Tentu saja gua sadar men, wong gua yang narok iklannya kok. Yang perlu elu tahu, ada alasannya gua narok iklan seperti itu jadi bukan asal saja. Mereka efektif! Buktinya orang-orang masih saja ngeklik tuh iklan. Lha kalo enggak efektif ntar juga gua copot sendiri, gitu aja kok repot ! dan tentu nyoba yang laen..heheheh

Gua beneran menghindari narok iklan yan ggua sendiri saja jijik kalo liat di situs orang lain, termasuk diantaranya pop-ups dan interstitials (sesuatu yang terbang melintasi layar elu). Walopun mereka bikin gua tambah kaya, mereka bakal bikin merosot pengunjung nantinya.

Gua juga menyediakan dua tempat yang bebas iklan, jadi kalo elu nggak suka iklan, elu masih tetep bisa baca artikel gua tanpa iklan. Pertama, gua menyediakan sebuah full-text RSS feed, dan setidaknya ampe sekarang masih ad-free. Terus terang gua suka nyelipin permintaan donasi di bagian bawah feeds gua.

Jika elu pingin liat traffic data actual situs ini, coba lihat di table pertumbuhan trafik di tahun 2005. Gua narok iklan pertama kali di situs ini di bulan Februari 2005, dan walopun di table itu enggak terdapat data bulan seblon Februari, tingkat pertumbuhannya nggak beda jauh. Buat sumber yang independent elu bias melihat di table trafik gua di Alexa.

Multiple streams of income – Sumber pendapatan yang bermacam-macam
Jangan pernah narok telur di satu keranjang. Pikirkanlah sumber pemasukan yang bervariasi. Di situs ini gua punya enam sumber pendapatan. Bisakah elu pada ngitung ? Nih daftarnya:
1.Google Adsense ads (pay per click dan pay per impression advertising)
2.Donations (via PayPal atau snail mail — ya, ada aja orang yang ngirim check)
3.Text Link Ads (terjual setiap beberapa bulan tetap)
4. Chitika eMiniMalls ads (pay per click)
5.Affiliate programs seperti Amazon dan LinkShare (komisi penjualan produk, terutama buku)
6.Advertising yang gua jual kepada pengiklan pribadi (berdurasi tiga bulanan atau lebih)
Catatan: kalo elu baca tulisan ini setelah beberapa lama dari tanggal publikasinya maka daftar itu kemungkinan berubah. Soalnya gua suka bereksperimen dengan berbagai sumber pendapatan itu.

Adsense adalah sumber pendapatan tunggal tebesar gua, tapi bukan berarti yang lain nggak ngasilin. Setiap sumber menghasilkan lebih dari $100/bulan. Penghasilan kedua gua yang terbesar adalah donasi. Rata-rata donasi yang gua terima adalah $10, dan ada juga yang nyumbang gua sebesar $100. Hanya butuh sejam bikin account PayPal. Jadi meskipun isinya gratisan kayak punya gua ini, berikan kesempatan kepada pengunjung anda untuk menyumbang secara sukarela seikhlasnya. Ini bersifat saling menguntungkan. Gua sangat berterima kasih kepada pengunjung yang sangat mendukung saya. Dan itu juga sekaligus merupakan umpan balik yang bagus juga, karena gua tengarain bahwa ada beberapa tulisan gua yang menghasilkan kenaikan sumbangan — ini berarti gua bernilai dan memberikan khalayak sebuah manfaat.

Hal-hal diatas bukanlah satu-satunya sumber pendapatan gua. Gua dapet duit secara on line semenjak tahun 1995. Dengan bisnis game computer gua, Gua punya penjualan langsung, hasil royalty, pemasukan dari iklan, pemasukan dari afiliasi, dan donasi (dari beberapa artikel gratis). Dan jika elu menengok sumber pendapatan istri gua, bener-bener menggelikan: iklan dari VegFamily.com, penjualan buku langsung, penjualan buku lewat distributor, konsultasi web, penghasilan dari afiliasi, Adsense, dan mungkin beberapa sumber yang gua lupa. Cukuplah gua bilang bahwa kita menerima cukup banyak check. Beberapa diantaranya sih berjumlah kecil, tapi kan banyak. Dan ini bener-bener beresiko rendah — jika satu sumber pemasukan mulai mengering, tinggal bikin sumber pemasukan baru saja. Nah untuk itu gua secara khusus mendorong elu untuk membikin blog elu sebagai tempat potensial untuk mendapatkan pendapatan dari berbagai sumber.

Automated income – Pendapatan otomatis
Dengan perkecualian nomer enam, semua sumber pendapatan itu otomatis kerjanya. Gua gak perlu ngapa-ngapain lagi terkecuali menguangkan cek, dan di kebanyakan kasus gua malah gak perlu mencairkan cek soalnya sudah langsung ditransfer di rekening bank gua.

Gua seneng bener ama yang namanya pendapatan otomatis. Dengan blog ini sekarang ini gua enggak jualan apa-apa, nggak punya pegawe, nggak punya produk, nggak ada simpenan barang dagangan,nggak ada credit card processing, nggak ada penipuan, dan tidak ada pelanggan. Meski begitu gw masih bisa mendapatkan pendapatan (yang terus tumbuh) dengan sangat memuaskan.

Kenapa sih kita mesti nyari kerjaan kantoran dan mempertaruhkan hampir semua waktu dan energi kita seharian, padahal kita bisa mendapatkan yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi yang akan bekerja buat elu ?

Bayangin, kalo tiap kita bangun pagi kita langsung nyalain komputer, dan memeriksa berapa penghasilan yang kita dapat pas kita tidur semalem. Percayalah, itu bener-bener suasana yang sangat-sangat menyenangkan.

Blogging software and hardware – Alat buat ngeblog
Gua nggunain WordPress buat blog ini, dan gua sangat menyarankannya. Wordpress punya banyak fitur dan interface yang solid. Dan elu gak bisa nandingin harganya bo — gratis tis ! Sisanya sih gua coding sendiri, gabungan antara HTML, CSS, PHP, dan MySQL. Gua kan programmer, jadi gua coding aja semuanya sendiri. Bisa aja sih gua nggunain template yang sak hohah banyaknya itu, tapi yang gua inginin adalah sebuah template yang sederhana dan mengena tanpa basa-basi, dan gua pingin blog ini kelihatan serasi semua isinya.Tambah lagi gua juga nggunain PHP dan MySQL untuk membikin utak-atik kreatif di luar blog, seperti the Million Dollar Experiment.

Gua gak nyaranin elu buat nggunain layanan gratis seperti Blogger jika elu bener-bener serius untuk dapet duit dari blog eluh. Elu gak punya control penuh soalnya. Jika elu gak punya URL lu ndiri, berarti elu nggunain layanan yang bukan punya elu dan malah membesarkan harta orang lain. Elu kan mau bikin page rank buat link lu sendiri bukan punya orang kan ? Lagian elu pengen mengontrol penuh semua layout dan desain situs elu kan ? Jadi elu bisa langsung ngutak-atik sendiri tanpa khawatir direcokin orang. Jika elu nggunain blog gratisan, elu mengharapkan belas kasihan yang punya hosting, dan itu berarti elu sudah mengambil resiko mengorbankan pendapatan elu di masa depan di tangan mereka. Memang sih agak repot dan mahal buat nge-host sendiri tapi pikirkan manfaat jangka panjangnya.

Lagian hare gene Web hosting kan murah sekali , dan ada puluhan hosting yang murah dan bagus buat elu pilih. Gua saranin sih Pair.com untuk nge-host web elu. Memang agak mahal, tapi mereka bias diandelin dan punya dukungan yang manteb.Gua tahu banyak bisnis online yang nge-host di server mereka, dan bini gua juga nyaranin kebanyakan kliennya di perusahaan hosting itu.

Semakin banyak traffic di situs elu, mungkin sudah saatnya elu upgrade hostingan elu di layanan dedicated server atau virtual private server (VPS). Websites gua ini di host sama ServInt.net. Yang paling gua sukai dari ServInt adalah mereka punya skema upgrade yang manteb seiring dengan traffic gua yang semakin tinggi. Gua udah beebrapa kali melakukan beberapa upgrade, dan semuanya berjalan lancar dan mulus. Yang paling menyenangkan kalo punya server sendiri adalah elu bisa bikin situs sebanyak yang elu mau sepanjang kapasitas server.Gua punya beberapa situs di server gua sendiri, dan nggak nambahin ongkos hosting untuk nambah situs yang lain.

Comments or no comments – Sebaiknya blog elu dikasih komentar atau nggak ?
Pas gua mulai blog ini, gua mulai dengan membolehkan komentar. Setelah traffic mulai membrutal, begitu pula dengan komentar yang masuk. Ditinggal berapa hari aja sudah ada lebih dari 100 komentar. Gua tandain kalo gua malah lebih sering ngurusin komentar daripada nulis artikel, dan semenjak itu gua mulai mikir, apa iya sih seberharganya komentar ? Sekarang mulai jelas, kalo traffic elu sudah begitu tingginya maka hanya ada dua pilihan, gua musti mengubah pendekatan selama ini ato malah mati mbalesin komentar yang masuk. Soalnya soal-soal pemngembangan diri yang gua tulis jelas mengundang banyak komentar masuk. Satu komentar diikuti komentar yang lain malah jadi diskusi panjang. Bayangin aja dengan puluhan ribu pembaca, berapa komentar yang musti gua tanggepin. Gila kali ye ? Belum lagi buat ngilangin komentar spam….weleh bisa habis umur disitu.

Tapi setelah ngeliat lagi statistic gua, segera gua sadarin bahwa hanya sedikit pengunjung yang melihat komentar dan lebih sedikit lagi yang ngirim komentar (sekitar dibawah 1% dari total pengunjung). Jelas itu bikin keputusan gua buat ngilangin komentar makin bullet ajah, dan di bulan October 2005, gua matiin tuh fitur komentar, nyaho siah ! Setelah gua pikir-pikir, itu merupakan keputusan terbesar gua ternyata,coba gua lakuin lebih awal dulu.

Jika elu mau tahu secara detail tentang bagaimana gua sampai pada keputusan itu, udah gua tulis di artikel seblonnya: Blog Comments and More on Blog Comments.

Apakah elu butuh komentar buat naikin traffic lu ? Jelas tidak. Seperti kalo gua naro iklan, gua gak lihat tuh ada penurunan jumlah pengunjung gara-gara gua matiin komentarnya. Malah itu ngebantu gua. Walopun gua nggak kasih lagi sarana buat komentar tetep gua aktifin trackbacks , semenjak itu makin banyak trackbacks yang masuk. Jika orang pingin berkomentar tentang tulisan2 gua mereka bias ngelakuin itu di blog mereka sendiri dan bikin link ke tulisan gua. Jadi, menghapus fitur komentar tidak akan membunuh diskusi — cumak berubah tempat saja. Jumlah trackback sudah lebih dari cukup.Kadang gua malah ngisi komentar di beberapa situs orang lain tapi tanpa ada perasaan bersalah kalo gak nglanjutin, wong bukan di situs gua inih.

Gua sadar sih kalo orang itu sangat perasa apalagi tentang komentar di blog, ada semacam rasa ‘gotong–royong’. Banyak orang beranggapan bahwa blog yang tidak ada fitur komentarnya jelas bukan sebuah blog. Secara pribadi sih gua anggep itu omong kosong — ha wong nggak didukung data sama sekali lho. Mayoritas pembaca blog jarang yang membaca penuh tulisan, boro-boro ngasih komentar. Hanya sedikit orang yang begitu peduli untuk berkomentar. Sebagian bloggers bilang kalo komentar bisa naikin trafik, tapi gua lihat sih nggak ada buktinya. Malah gua bilang sih sebaliknya.

Mengatur komentar yang masuk mengurangi waktu buat nulis tulisan baru, jauh lebih baik untuk mendapatkan trackback dan sebuah link dari blog orang lain daripada sebuah komentar di blog eluh.

Seperti yang sudah diketahui pembaca setia blog gua, kalo gua mulai ragu gua lebih suka dua-duanya gua coba dulu baru nanti dibandingin asil akhirnya. Setelah gua coba semuanya hasilnya ini: No comment alias gak perlu ada fitur komentar !

Sekarang jika elu ngasih komentar buat situs yang tidak meduliin traffic seperti gossip dan cari teman baru, ya sudah gak papa. Cumak jangan pernah beranggapan bahwa komentar itu bisa menolong naiknya traffic terkecuali lu sudah nge tes sendiri.

Build a complete web site, not just a blog – Bikin sebuah Website yang komplit, bukan sekedar blog
Jangan membatasi situs web elu dengan blog doing blog. Bikin aja lagih ! Walopun kebanyakan pengunjung gua lewat blog ini, tapi banyak situs yang gua bikin di sekitarnya. Contohnya, home page dari situs ini menampilan kilasan semua bagian dari situs ini,termasuk blog, bagian tulisan, bagian audio , dll. Masih banyak orang yang nggak tahu apa sih blog itu ? Jadi jika seluruh situs lu adalah cumak blog lu, orang-orang itu mungkin masih belum begitu ngeh.

Testing and optimization – Percobaan dan pengoptimalan Blog
Di awal-awal elu belum bisa tahu mana aja yang bisa jadi sumber utama pendapatan blog elu. Jadi coba aja semua yang masuk akal bagi eluh. Jika elu mulai belajar tentang sumber pemasukan duit yang baru,coba aja satu dua bulan, dan ukur hasilnya, bagus enggak Suka suka aja kalo mau ngilangin sumber penghasilan yang nggak bagus buat eluh, dan dandanilah lebih bagi sumber pendapatan yang menghasilkan duit yang nyata.

Beberapa bulan yang lalu gua ngedaftar Text Link Ads. Cumak butuh waktu 20 menit. Mereka menjual iklan text di situs gua, paro-paro penghasilan dengan gua, dan menyimpan penghasilan gua secara otomatis di rekening PayPal gua.

Bulan ini saja gua dapet sekitar $600 dari mereka, mungkin malah bisa lebih kalo mereka bisa menjual iklan-iklan baru selama sebulan ini.

Dan ini bener-bener pasif income. Bayangin kalo gua nggak nyoba ini, bisa ilang kesempatan dapet pendapatan sampingan kan ?

Selama beberapa bulan gua udah ngulik Adsense ads di situs ini. Gua coba warna-warni yang berbeda, ukuran, layouts, dll. Sampai sekarang pun gua masih berkesperimen terus, dan yang sekarang elu lihat ini sudah manteb banget rasanya. Hasilnya sangat memuaskan buat gua. Adsense nggak mengijinkan publishers untuk memperlihatkan specific CPM dan CTR data, yang jelas punya gua bener-bener melejit. Memang mula-mulanya kayak nggak ada pengharapan sih tapi elu bisa dengan mudah melipatgandakan hasil Adsense eluh dengan merubah lay out yang menyedihkan menjadi yang bagus. Inilah sebabnya kenapa selama pendapatan tahun pertama gua, traffic gua tumbuh 20% tiap bulan, tapi pemasukan tumbuh 50% per bulan ! Seringnya gua mengetes untuk pengoptimalan adsense menghasilkan uang yang memuaskan. Banyak test gua yang gagal sih dan bikin pemasukan jeblok tapi tetep aja gua seneng dengan coba-coba itu. Coba kalo gua nggak maen tes-testan kayak gitu, mungkin hasil Adsense gua gak sebanyak sekarang.

Lagian nggak ada ruginya kok coba-coba. Setiap ada layanan iklan baru ataupun afiliasi yan gua coba selama ini semuanya gratisan ! Seringkali gua bisa nambahin calon sumber pendapatan hanya dalam waktu kurang dari sejam dan gua lihat sebulan setelah itu bagaimana hasilnya. Kalo gagal minimal gua belajar sesuatu kan ? Kalo berhasil jelas menyenangkan kan ? Sebagai seorang blogger yang pingin dapet pemasukan elu mesti selalu coba-coba dengan sumber pendapatan baru. Jika elu belum nyoba apapun selama enem bulan,sudah jelas elu kehilangan kesempatan banyak. Setiap blog itu unik, jadi elu perlu ngetes segala sesuatu sendiri seblon liat hasilnya pigimanah. Kegagalan adalah sesuatu yang nggak mungkin terjadi disini — kalo nggak sukses setidaknya elu belajar sesuatu.

Pick your niche, but make sure it isn’t too small – Ambil dimana lu punya keahlian, tapi jangan yang terlalu kecil
Ambilah bidang keahlian yang bener elu kuasain di blog elu, tapi pastikan bahwa keahlian elu itu diminati banyak orang jadi elu bisa mulai membangun traffic. Bini gua njalanin VegFamily.com, sebuah situs popular bagi kalangan vegetarian. Dia ahlinya di bidang itu, dan komunitas vegetarian bukanlah komunitas yang kecil. Di lain pihak, topik yang gua pilih yaitu pengembangan diri malah pasti lebih besar lagi peminatnya. Secara potensial setiap orang sangat tertarik buat mengembangkan diri mereka, dan itu bisa sangat fleksibel pengembangannya seperti produktivitas, disiplin diri, hubungan antar personal, spiritualitas, kesehatan dan banyak lagi. Semuanya relevan dalam pengembangan diri.

Ambil bidang yang elu sendiri sangat suka dan tertarik betul buat mengembangkannya. Gua udah menulis kuranglebih 400+ artikel sejauh ini, dan tetep saja gua masih merasa bahwa gua baru memulai. Lagian gua nggak merasa bosan sama sekali tuh ? Gua milih untuk bikin situs pengembangan diri ini karena gua sangat berpengetahuan, berpengalaman dan sangat tertarik dengan bidang itu. Gua nggak bisa mbayangin bakal nulis apa selain bidang yang gua kuasain ini.

Ingat, jangan coba menulis satu bidang hanya karena lu pikir bakal mendatangkan duit. Dah sering gua lihat banyak bloggers yang mencoba melakukannya, jelas itu salah satu resep paling ampuh buat gagal. Coba pikir apa yang paling elu sukain, dan kemudian coba temukan sebuah cara supaya topic elu menarik buat pemirsa global. Dan pertimbangkan apa yang bisa elu sumbangin ( asli dari pendapat elu ) buat mereka. Ini hanyalah apa yang elu berikan ke orang lain.

Topik yang cukup luas menarik pengiklan potensial. Jika gua tetep nulis subtopic yang sama terus menerus, mungkin gua bisa kekurangan pengiklan dan jelas menurunkan pendapatan. Tapi dengan menulis banyak topic yang berbeda di bawah payung yang sama, berarti gua memperluas lahan buat pengiklan potensial. Dan itu berarti gua sekaligus semakin membikin menarik situs gua.

Bikinlah dengan jelas kepada pengunjung anda tujuan blog anda. Sering gua lihat sebuah blog dengan judul dan tagline yang cerdas tapi gak ada hubungannya sama sekali dengan isi situsnya. Kalo ketemu yang ginian gua anggep itu hanya sebuah jurnal pribadi dan gua pindah ke situs lain. Gua sih pingin cerdas juga, tapi menurut pengalaman gua, kejelasan jauh lebih menghasilkan dari hanya sekedar kepintaran.

Posting frequency and length – Frekuensi posting dan panjang artikel
Para Blogger punya beragam pendapat tentang berapa sih panjang tulisan dan seringnya mengirim tulisan di blog yang paling optimal. Ada yang bilang bahwa paling bagus itu tulisan pendek saja (250-750 kata) dan tulislah sekitar 20x per minggu atau lebih. Gua juga lihat bahwa strategi itu berhasil untuk beberapa orang, tapi gua malah putuskan untuk melakukan hal yang sebaliknya. Biasanya gua nulis sekitar 3-5 tulsian per minggu, tapi tulisan gua bener-bener panjang (sekitar 1000-2000 kata, malah kadang lebih dari 5000 kata, termasuk babon yang lagi elu baca ini). Itu bukan karena gua gak seneng nulis yang pendek tapi gua suka nulis yang bener-bener sampai tuntas. Apalagi setelah gua tahu kalo tulisan yang dalem lebih banyak mendatangkan link dan referral dan jelas semakin menggelembungkan traffic. Memang bener hanya sedikit orang yang baca karena butuh waktu yang lama, tapi yang baca sampai tuntas akan menikmati nilai-nilai yang berharga dan selalu mengingat situs gua.

Expenses – Biaya yang dikeluarkan
Blogging jelas murah sekali.
Gua nggak mengeluarkan duit buat iklan dan promosi sama sekali, jadi biaya marketing gua adalah nol. Isi tulisan gua lah yang menjadi alat promosi gua. Jika elu suka tulisan ini, elu mungkin bakal banyak menemukan mutiara tersembunyi didalemnya.

Satu-satunya biaya yang gua keluarin untuk situs ini adalah buat hosting (sekarang ini gua bayar $149/bulan untuk web server dan bandwidth) dan pembaharuan nama domain ($9/tahun). Hampir semua pendapatan dari situs ini adalah laba bersih. Dan itu jelas pendapatan pribadi gua, tentu saja dipotong pajek pendapatan dulu. Tapi biaya untuk bisnis bener-bener minimal.

Kenapa gua mau bayar mahal buat hosting ? Sederhana saja : traffic. Jika traffic gua sedikit, bisa aja sih gua pake hosting murah. Sebuah blog yang berdasar pada database bisa menjadi sumber traffic yang tinggi. Dan itu berlaku juga buat forum online . Selagi traffic semakin tinggi, jelas biaya hosting hosting gua juga semakin meninggi, tapi tetep saja itu masih kecil sekali dibanding dengan total pendapatan gua.

Perks – Keuntungan Sampingan
Tergantung sifat dari blog lu, elu mungkin bisa menikmati keuntungan dari pertumbuhan traffic elu. Hampir setiap minggu gua dapet buku-buku tentang pengembangan pribadi melalui kiriman pos (buat di-review di situs ini). Terkadang malah pengarangnya sendiri yang nganterin; belum lagi penerbit yang ngirimin gua buku sak hohah. Gua juga dikirimin CD, DVD, dan banyak lagi produk-produk pengembangan diri lainnya. Kadang sih memang susah buat ngebaca semua itu (masih ada antrian selusin buku noh di kamar), tapi emang gua penggemar fanatik buku-buku macem begitu, jadi ya gua baca aja secepat gua mampu. Kalo buku itu bikin gua terpekur karena dapet 'sesuatu' langsung gua bikin resensinya buat pembaca blog gua. Tapi mesti lu semua harus tahu, standard gua tinggi lho jadi gua review kurang dari 10% dari semua bahan yang gua terima tadi. Selama ini gua udah baca sekitar 700 buku dan dengerin kaset, jadi gua rasa gua cukup jagoan buat nyaring semua itu. Seperti yang gua bayangin selama ini, memang banyak sekali sih bahan-bahan buat self-help di luar sana.

Kriteria gua biar produk itu bisa gua review di blog gua adalah satu, harus asli, mempesona, dan bagus. Jika enggak masuk kriteria itu nggak gua review walopun diiming-imingi duit afiliasi yang sak hohah banyaknya. Gua nggak akan mengecewakan pembaca blog gua ini hanya demi segepok duit panas. Cari uang bukan motivasi utama situs ini.Motivasi utamanya adalah untuk tumbuh danmendorong yang lain biar tumbuh juga, itu yang harus jadi prioritas nomer satu.

Blog elu juga bisa bikin elu berpengaruh. Sebuah blog yang punya trafik tinggi bisa jadi corong media yang potensial, pokoknya elu sudah termasuk kalangan pers lah, dan memang begitu. Tiga hari ke depan gua sama bini gua bakalan menghadiri sebuah seminar tiga hari lewat apa yang dinamakan sebagai free press pass. Harga tiket umum seminar ini adalah $500 per orang. Gua bakal nulis review penuh untuk seminar berikutnya di minggu depannya lagi . Gua sudah sering menghadiri seminar-seminar semacam ini semenjak tahun 2004, jadi memang gua udah makan asam garam dalem hal ginian mah. Dr. Wayne Dyer yang akan jadi pembicara utamanya.

Disamping itu gua juga nggunain kepopuleran blog ini buat mewancarai orang yang memang gua kagumin. Inilah indahnya kerjasama saling menguntungkan karena menghasilkan nilai plus buat gua sendiri, pembaca blog gua, dan orang yang gua wawancarai. Baru-baru ini gua nulis sebuah wawancara khusus dengan multi-jutawan Marc Allen sekaligus wawancara mengenai buku terakhirnya, dan masih banyak jadwal interview yang mengantri di belakang. Mengingat sulitnya buat meyakinkan orang untuk melakukan wawancara, apalagi buat membagi-bagikan kiat-kiat sukses secara gratis.

Motivation - Motivasi
Gua yakin elu gak bakal dapat banyak kalo uang menjadi motivasi nomer satu elu dalam dunia blogging. Elu mesti harus tergerak oleh sesuatu yang lebih besar dari sekedar uang. Uang itu barang beku. Ini seperti lapisan terdalam di kue ulang tahun. Dan kue ulang tahun gua adalah pengembangan diri – bukan seperti “cepet dan mudah” seperti yang ada di iklan-iklan sampah itu lho, tapi bener-bener tumbuh kembang yang bisa menjadikan kita sebagai manusia yang lebih baik. Itu adalah hasrat gua. Menggelontor uang diatasnya hanyalah tambahan minyak ke atas api, tapi asal elu tahu aja, api itu tetep ada disana dengan atau tidak ada uang.

Jadi apa hasrat tertinggi elu? Jadi apa yang elu mau tulis jika elu mau memutuskan nge-blog seumur hidup ?

Blogging lifestyle – Gaya hidup seorang blogger
Mungkin bagian terbagus yang dihasilkan blog adalah kebebasannya.

Gua kerja di rumah dan menentukan waktu kerja gua sendiri. Gua nulis kapanpun gua dapet ilham buat nulis (bagi gua sih sering banget). Belum lagi gua bisa meluangkan waktu buat ngelakuin apa yang paling gua sukai — bekerja untuk pengembangan diri dan menolong orang lain biar bisa berhasil kaya gua. Nggak ada lagi yang gua pinginin selain yang kayak gini.

Mungkin bener bahwa 99 dari 100 orang nggak bisa dapet penghasilan yang cukup dari ngeblog. Tapi siapa tahu, yang satu itu adalah elu .

Sumber : http://bikinblogger.blogspot.com/2007/04/monetize-blog-bagaimana-mendatangkan.html

Minggu, 16 Januari 2011

Sekilas Tentang Sistem Pendukung Keputusan Manajemen

Pengantar
Dalam hidup manusia akan memperoleh kebahagiaan jika didasarkan pada keselarasan dan keseimbangan hidup pribadi, dalam hubungan dengan masyarakat, bangsa, alam maupun dengan Tuhannya. Dengan demikian kekuatan manusia itu tidak hanya terletak pada fisiknya semata, juga kemampuan untuk bekerjasama dengan sesama manusia lainnya.

Dalam organisasi, jika ada tiga orang maka wajib ditunjuk satu orang sebagai pemimpin. Hal ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya mengorganisir banyak orang yang lebih dari dua, yang tentunya pula dalam satu pandangan dan tujuan untuk berbagi peran dan penghasilan. Misalnya pekerjaan itu adalah membuat bangunan maka tidak semua orang sama-sama menggergaji kayu, atau sama-sama mengaduk semen, namun harus ada yang bertugas sebagai arsitek, tukang, kuli dan lain-lain. Dari sini timbul permasalahan yang harus dijawab, apakah hanya dengan kemampuan mengorganisir kita bisa mengembangkan organisasi menjadi lembaga profitable? Atau apkah hanya dengan modal besar kita akan bisa menjadi survive?

Keorganisasian
Secara sederhana organisasi dapat diberi pengertian sebagai suatu sistem yang saling berpengaruh antar orang dalam kelompok yang bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Lengkapnya dapat dinyatakan sebagai suatu kesatuan sosial dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut pola tertentu, sehingga setiap anggotanya memiliki fungsi dan tugas masing-masing, utamanya lagi kesatuan tersebut mampunyai batas-batas yang jelas sehingga dapat dipisahkan secara tegas dari lingkungannya (Lubis dan Martin,1989).



Administrasi sebagai Total System
Biasanya administrasi didefinisikan sebagai keseluruhan proses kegiatan pelaksanaan usaha bersama yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya secara efektif dan efisien atau bisa juga ditambah secara ekonomis dan produktif. Dari konsep tersebut maka administrasi harus terdesain oleh kerangka dasar yakni manajemen, leadership, pengambilan keputusan, human relations, manusia dan sarana kerja (SP. Siagian, 74).

Secara khusus ilmu manajemen didefinisikan sebagai yang mempelajari bagaimana cara menapai tujuan, fungsi apa saja yang harus dilakukan dengan menggunakan alat, tenaga orang, ide, dan system secara efektif dan efisien.

Manajemen, sebagai komponen dari administrasi dapat di tinjau dari tiga segi :
• Kepemimpinan, tidak dimaksudkan melakukan sendiri kegiatan-kegiatan operasional akan tetapi menjamin orang lain mengerjakan hal-hal yang sesuai dengan kebijaksanaan, keputusan, dan pedoman yang telah diberikan. kepemimpinan mempunyai dua atribut menurut Mellit yaitu personal dan institusional, Atribut – atribut personal kepemimpinan mencakup intelegensi, keberanian, integritas kekuatan, kesiapan fisik, determinasi, ketekunan, kerja keras, kecerdikan dan bahkan terkadang kebingisan, Sedangkan atribut institusional kepemimpinan mencakup status, kekayaan, posisi, dan kolega atau teman yang mampu, kesempatan atau peluang yang khusus, suatu hubungan tertentu antara harapan atau aspirasi rakyat dengan penampilan kepemimpinan dan lain – lain. Atribut –atribut kepemimpinan, baik personal atau institusional akan sangat menentukan efektif tidaknya kepemimpinan. Dengan demikian seorang pemimpin memang di tuntut mempunyai berbagai kelebihan dari yang dipinpin, seperti keunggulan emosional, keunggulan kecerdasan, keunggulan ketrampilan, keunggulan fisik, kekayaan dan lain sebagainya.

• Pengambilan keputusan, kesuksesan seorang pemimpin bukan hanya dilihat dari banyaknya jabatan atau pangkat saja. Tetapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana ia memanage organisasi, bersikap dan mengambil keputusan secara cermat, cerdas, dan cepat. Analisa yang dapat digunakan dalam decition making adalah menggunakan instrument analisa SWOT (Strength/kekuatan, Weakness/kelemahan oprtunity/peluang, Treats/ancaman)

• Human Relation, hasil dari kebulatan keputusan tadi pada proses tindak lanjutnya sebaiknya berpijak pada unsur kemanusiaan dan jika digerakkan dengan tepat maka akan menjadi efisien dan jika tidak demikian maka terkadang manusia justru akan menjadi unsur perusak rencana (Destroyer of Planning).



Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, Pengendalian, dan Evaluasi
Ini merupakan sederetan fungsi-fungsi manajemen tradisional yang dibutuhkan oleh organisasi nirlaba untuk menjamin organisasi yang bersangkutan berjalan baik. Fungsi perencanaan mencakup perumusan tujuan jangka pendek dan jangka panjang organisasi, serta mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Fungsi pengorganisasian adalah memadukan orang-orang dan tugas-tugas mereka dalam suatu struktur yang terencana, bukan semata-mata demi tugas itu sendiri, tetapi juga memuaskan kebutuhan orang-orang yang melaksanakannya. Jika organisasi tumbuh dan semakin menjadi besar, kebutuhan akan pengarahan muncul pula. Oleh sebab itu fungsi pengendalian harus diberlakukan juga. Fungsi pengawasan ini perlu untuk menjaga agar organisasi tetap berjalan pada jalurnya dan untuk mengorek kesalahan yang terjadi. Akhirnya, fungsi evaluasi dibutuhkan untuk menentukan tercapai atau tidaknya tujuan organisasi.

Dari kaca mata manajemen ada beberapa prinsip dasar yang perlu diperhatikan :
Pertama, Aspek Sumber Daya Manusia merupakan aset penting yang dimiliki oleh suatu organisasi, sehingga sisi manajerial merupakan konsekuensi lebih jauh dalam mencapai efektifitas organisasi.

Kedua, Aspek legal formal, kebijakan dan prosedur yang harus ditempuh dalam mencapai tujuan institusional.

Ketiga, Kultur; tata nilai yang melatar belakangi perilaku manajerial sesuatu institusi dalam mencapai tujuannya yang dilingkungan perusahaan dikenal dengan istilah Corporate Culture.

Keempat, Integrasi; Yang memungkinkan timbulnya kebersamaan dalam lingkungan sumberdaya manusia dalam suatu organisasi, sehingga sangat potensial dalam mencapai tujuan organisasi. (Michael Armstrong, 1998)

Di dalam manajemen dibutuhkan beberapa persyaratan :
1. harus ada tujuan/platform
2. harus ada masyarakat/anggota
3. harus ada manager/leader
4. harus ada kerjasama/corporate
5. harus ada system/mekanisme kerja yang kongkrit.

Persoalannya kemudian adalah sejauh mana sistem yang ada diorganisasi kita mampu menciptakan suasana kondusif bagi perkembangan potensi prospektif organisasi.

Rabu, 12 Januari 2011

Definisi Marketing Sudah Berubah!

Apa itu marketing? Silahkan googling, Anda akan menemukan banyak definisi. Namun, biasanya para marketer serta buku-buku akademis dan panduan marketing mengacu pada definisi AMA (The American Marketing Association), yakni: Marketing is an organizational function and a set of processes for creating, communicating, and delivering value to customers and for managing customer relationships in ways that benefit the organization and its stakeholders.

Dari definisi tersebut, kita bisa melihat bahwa marketing itu sebuah proses berjalan (ongoing process). Lingkungan marketing pun dinamis lantaran pasar cenderung berubah — apa yang diinginkan pelanggan hari ini bukan berarti apa yang mereka inginkan besok. Sebagai contoh, penjualan daging di AS menurun karena konsumen mulai berorientasi sehat.

Proses ini mulai dari planning (perencanaan) hingga implementing (eksekusi) dari rencana, serta melibatkan beberapa komponen dasar 4P. Marketer misalnya, membantu merancang produk agar sesuai dengan kehendak pasar. Marketer juga memikirkan distribusikan produk, agar secara efisien sampai ke tangan konsumen. Marketer juga harus mempromosikan produk. Selain itu, marketer juga menentukan harga produk agar produk tersebut terserap pasar. Sebagaimana kita ketahui, dalam banyak kasus, penjualan korporat berkorelasi negatif dengan harga produk. Makin mahal harganya, makin kecil kebutuhan pasarnya. Oleh karena itu, marketer perlu terlibat dalam hal harga agar bisa memaksimalkan profit dan meningkatkan kebutuhan konsumen terhadap produk melalui berbagai cara komunikasi.

Namun, definisi di atas kini tidak tepat lagi. Internet telah mengubah cara konsumen berkomunikasi. Beberapa tahun lalu, perusahaan dapat berkomunikasi secara massal via media tradisional (teve, cetak dan radio) . Kini, konsumen sudah memiliki perilaku baru dalam hal konsumsi media. Internet kini sudah menjadi bagian hidup konsumen, kecuali menonton teve, membaca koran/majalah, atau mendengarkan radio. Perilaku konsumen berinternet ini lebih kompleks ketimbang perilaku menggunakan media tradisional. Pengguna Internet misalnya, lebih interaktif. Posisi mereka juga semakin kuat karena kemampuannya membanding-bandingkan produk via Internet. Kecuali itu, mereka juga saling mempengaruhi satu sama lain melalui social networking.

Silahkan baca postingan saya yang lalu mengenai kecenderungan ini:
- Sadarlah Wahai Para Pemasar dan Pehumas, Kini Anda Menghadapi Konsumen dan Publik Langsung
- Pencatat Amal Baik dan Buruk Merek itu Bernama Google

Barangkali itu sebabnya AMA akhirnya harus membuat definisi baru mengenai Marketing yang dirilis Januari 2008. Kini definisi tersebut menjadi:
“Marketing is the activity, set of institutions, and processes for creating, communicating, delivering, and exchanging offerings that have value for customers, clients, partners, and society at large“

Ada tiga hal yang berubah di definisi tersebut.
Pertama, marketing bukan lagi functions, tapi activity.
Kedua, marketing bukan hanya proses untuk creating, communicating, delivering, tetapi juga proses untuk exchanging. Perubahan ini saya duga karena dipicu oleh semakin menguatnya posisi konsumen karena Internet.
Ketiga, target market marketing bukan hanya customers, clients dan partners, tetapi juga masyarakat luas (society at large).
Marketer Indonesia, sudahkah Anda tahu perubahan ini?
Bagaimana komentar Anda? Sepakatkah dengan definsi baru ini?
Bagaimana perubahan ini berpengaruh terhadap strategi marketing Anda ke depan?

Sumber : http://www.virtual.co.id/

Senin, 10 Januari 2011

Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

“If money is your hope for independence you will never have it. The only real security that a man can have in this world is a reserve of knowledge, experience, and ability. – Jika Anda menyandarkan harapan hidup mandiri pada uang, maka Anda tidak akan mendapatkannya. Satu-satunya hal yang menjamin kehidupan seseorang adalah cadangan ilmu pengetahuan, pengalaman, dan kemampuan.”
Henry Ford, Pendiri Ford Motor Company (30 Juli 1863 – 7 April 1947)

Kalau dulu bekerja pada orang lain dianggap sebagai satu-satunya cara untuk mendapatkan uang, tetapi sekarang berwirausaha menjadi trend masa depan, karena dianggap lebih prospektif untuk meraih kebebasan waktu dan keuangan. Namun berwirausaha juga memerlukan pengetahuan, kecakapan, serta pengalaman, sehingga harus dipupuk sejak dini. Beberapa hal berikut ini merupakan hal yang perlu kita perhatikan dan lakukan berkenaan dengan upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan tersebut.

Menumbuhkan jiwa wirausaha terkait erat dengan usaha memperbaiki kualitas diri sendiri dan kehidupan rohani, agar kita mampu menjadi personifikasi yang dapat dipercaya dan dihormati karena memiliki standar moral tinggi. Keunikan atau kualitas produk atau jasa maupun kecanggihan pola pemasaran bukan faktor utama produk atau jasa yang kita tawarkan diterima dengan baik. Sebab sukses dalam berwirausaha erat kaitannya dengan kemampuan meraih kepercayaan banyak orang, yang membuat konsumen tidak pernah ragu untuk membeli produk atau memakai jasa yang kita tawarkan.

Dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan, kita juga harus membiasakan diri menciptakan impian, memiliki keyakinan luar biasa, serta ketekunan berusaha. Sebab seorang pewirausaha haruslah berjiwa pionir sejati. Artinya, syarat untuk menjadi pewirausaha yang berhasil itu harus mampu membuat perencanaan yang baik, cepat dan efisien, berani menanggung resiko dengan melakukan investasi materi, waktu, usaha, serta ekstra kesabaran memelihara dan menjaga usahanya dengan baik sebelum melihatnya tumbuh sukses.

Memupuk kebiasaan berpikir positif merupakan hal penting dalam menumbuhkan jiwa wirausaha. Sebagaimana diketahui bahwa tak seorangpun pebisnis sukses di dunia ini yang tidak pernah gagal. Disamping profesional, memiliki etos kerja dan dedikasi yang tinggi, mereka juga selalu mampu bangkit ketika mengalami kegagalan. Bila kita selalu dapat berpikir positif, tentu saja kita juga mampu menjadikan setiap kegagalan sebagai motivasi untuk terus bergerak maju.

Memupuk kemampuan mencetak laba adalah bagian dari upaya-upaya menumbuhkan jiwa wirausaha. Untuk itu kita harus belajar tentang bagaimana melakukan pemasaran yang baik dan juga meningkatkan kedisiplinan dalam melakukan manajemen keuangan. Sebab dalam dunia usaha, keuntungan sekecil apapun sangat penting untuk memperkuat stabilitas sekaligus untuk melakukan ekspansi usaha.

Mengembangkan rasa empati atau kepedulian juga penting berkenaan dengan usaha menumbuhkan jiwa wirausaha. Rasa empati yang tinggi akan membantu kita menghasilkan karya yang tidak hanya dapat dinikmati dan menguntungkan diri sendiri tetapi juga dapat dinikmati dan menguntungkan sesama. Prof. Philip Kotler, yang dijuluki Bapak Marketing Modern, memberikan nasihatnya kepada para pebisnis di Indonesia; “Think customers and you’ll be save. – Rengkuhlah para pelanggan Anda supaya bisnis Anda bisa tetap berlangsung baik.” Keunggulan bisnis seperti itu lebih menjamin kesuksesan dan pasti sulit dibajak pesaing manapun.

Menumbuhkan jiwa kewirausahaan ini mencakup kemauan menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh dengan selalu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, cukup berolahraga, minum, dan istirahat. Sebab pada fase awal berwirausaha itu membutuhkan tingkat energi tinggi, ketahanan mental, dan motivasi yang besar, sehingga sangat membutuhkan kebugaran fisik. Lagipula tak mungkin bukan kita menikmati hasil usaha bila kita terbaring sakit?

Menumbuhkan jiwa kewirausahaan artinya juga harus melatih diri kita menciptakan dan memperbarui visi masa depan serta merencanakan tindakan dan pencapaian-pencapaian untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Kemampuan menciptakan visi akan membuat kita mampu mengukur tingkat kemajuan, melakukan langkah-langkah perbaikan, mengurangi hambatan maupun dampak negatif, serta memaksimalkan keuntungan. Keahlian menciptakan dan memperbarui visi akan sangat kita perlukan jika ingin usaha yang kita jalankan terus mengalami perkembangan.

Menumbuhkan jiwa kewirausahaan berarti juga harus meningkatkan kemampuan mengorganisasi, yaitu menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat pula. Mulailah dengan membuat jadwal yang teratur dan disiplin menjalankan jadwal tersebut dan berteman dengan orang-orang yang memberi inspirasi dan teladan mulia. Latihan semacam itu potensial menjadikan kita mampu mengorganisasi usaha dan memastikan usaha terus berekspansi.

Meningkatkan kemampuan berkomunikasi menjadi bagian penting dalam menumbuhkan jiwa wirausaha. Sebab kemampuan berkomunikasi ini sangat penting untuk menggali informasi dari target pasar tentang produk atau jasa yang sangat diinginkan sekaligus untuk menciptakan hubungan dan komunikasi yang baik dengan pelanggan. Bila kita sudah mampu memenuhi kebutuhan konsumen, lalu menjalin komunikasi dengan baik, menghargai, dan bersikap sopan terhadap mereka, maka dengan sendirinya para pelanggan akan selalu setia menggunakan produk atau jasa kita bahkan ikut mempopulerkan bisnis kita.

Menumbuhkan jiwa kewirausahaan juga harus meningkatkan daya kreatifitas, yaitu mengubah sesuatu yang biasa menjadi komoditas yang bernilai tinggi dan mengguncang pasar. Mengembangkan keterampilan dan ilmu pengetahuan dari buku atau sumber informasi lainnya dan aktif memodifikasi bagian-bagian yang diperlukan sangat penting untuk menciptakan terobosan baru untuk produk, iklan, maupun mencari pelanggan. Kreatifitas menjadikan usaha Anda tidak pernah mengenal krisis.

Menumbuhkan jiwa kewirausahaan akan membantu kita menguasai seluruh kemampuan berwirausaha, mulai dari pola pikir, kemampuan, karakter, serta pengetahuan wirausaha itu sendiri. Oleh sebab itu, tumbuhkan terus jiwa kewirausahaan Anda, dengan terus mengembangkan hal-hal yang telah diuraikan di atas. Pastikan di masa akan datang Anda menjadi orang yang lebih baik, sukses dalam berwirausaha, hidup lebih kaya dan bahagia, dan sekaligus berempati tinggi. Salam hebat dan luar biasa!

Sumber : http://www.pembelajar.com/menumbuhkan-jiwa-kewirausahaan

Rabu, 05 Januari 2011

Haree Genee, krisis PD?? Nggak banged!!

Pernah dengar PD, bukan perang dunia loh, tapi Percaya Diri. Sepertinya, masalah krisis kepercayaan diri (krisis PD) menjadi salah satu masalah klasik yang selalu dialami oleh sebagian remaja kita. Padahal, sebetulnya, masalah itu kalo dibiarin berlama-lama bisa menjadi bumerang buat diri kita sendiri loh. Bisa jadi, potensi yang ada dalam diri kita justru terhambat karena hanya sebuah permasalahan yang sebenarnya nggak perlu jadi masalah. Nah, kita akan coba ulas sejauh mana pengaruh kepercayaan diri mempengaruhi keberhasilan seseorang, dan bagaimana cara mengatasi krisis PD yang berlebihan.

Memiliki rasa percaya diri (PD) itu penting lho. Kalau punya PD tinggi, kita bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita secara optimal. Nggak perlu lagi deh kita merasa minder atau malu-malu ketika harus tampil di pasar, ups… di depan umum maksudnya. Pada kesempatan apapun. Dengan PD, kita juga bisa jadi tambah pinter, karena kita juga jadi berani angkat tangan untuk bertanya. Dan bisa jadi juga kita dikenal oleh banyak orang karena nggak minder dalam pergaulan.

Nah, kira-kira apa ya, yang bisa menyebabkan kita suka minder atau kurang PD? Ternyata banyak juga alasannya. Ini dia sebab-sebabnya supaya kita bisa terhindar dari kekurangan rasa percaya diri :

1. Kita suka mikir yang enggak-enggak tentang diri kita sendiri. Aduh jangan mandang sebelah mata sama diri sendiri dong!. Kalau ngerasa malu dengan fisik kita, yakinkan di hati kalau semua itu adalah anugrah Tuhan yang pasti ada manfaatnya. Contoh : kalo punya jempol tangan yang pendek, agak gemuk dan ga enak diliat, pasti tetep ada manfaatnya, buat smsan misalnya. Kan nyambung tali silaturrahim itu penting, tul nggak??

2. Takut salah bisa membuat kita nggak maju. Kalo kita selalu ngerasa takut salah dalam melakukan sesuatu, ya nggak akan pernah bisa berhasil. Makanya jangan pernah takut salah. Kalo takut salah, mendingan ke laut aja. Karena, kesalahan adalah langkah awal menuju keberhasilan. Tokoh-tokoh besar dunia yang penemuannya sekarang bermanfaat buat kita juga, dulunya selalu melakukan kesalahan, tapi mereka terus mencoba untuk memperbaiki kesalahannya. So, jangan pernah takut salah!!

3. Kalo kita bergaul sama pengecut, otomatis kita juga akan jadi pengecut, karena pergaulan kita mempengaruhi kepribadian kita, karena kita berada di lingkungan yang mayoritas tidak punya rasa PD tinggi. Percaya deh, sedikit banyak, kita sangat dipengaruhi oleh lingkungan di mana kita berada. Kan kata Rasullullah juga, “Dirimu adalah sebagaimana temanmu”

4. Kita sering terpengaruh dengan pendapat orang lain, dan malangnya tidak semua pendapat itu benar. Pendapat atau masukan dari luar boleh saja kita tampung. Tugas kita adalah mengolahnya, sekaligus untuk evaluasi diri. Seandainya pendapat itu justru membuat kita menjadi mundur atau ragu-ragu, nah boleh deh ditolak.

Intinya, hilangkan jauh-jauh rasa minder dalam diri kita, nggak usah liat kekurangan yang ada, perbaiki kesalahan yang kita buat, dan perkaya diri kita dengan ilmu. Otomatis, sekurang-kurangnya kita dalam banyak halpun pasti akan tertutupi oleh kelebihan yang kita punya meskipun sedikit, yang penting PD dulu. Tapi ingat..!!! Jangan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu nggak bagus. Jangan over PD! Positive thinking bout our self is must be!!

Selamat PD…!!

Senin, 03 Januari 2011

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Dari data penelitian, ditemukan banyak faktor yang menjadikan kendala seseorang enggan untuk menjadi penyeru kebaikan. Antara lain, kurang percaya diri, kemudian disusul tidak adanya skill. Kalau kita runut, keduanya mempunyai korelasi yang sangat erat. Sebenarnya akar masalah orang yang tidak percaya diri terletak pada skill (keterampilan). Dan, skill utama bagi seorang penyeru kebaikan terletak pada kemampuan penguasaan materi, pemahaman terhadap nilai-nilai yang disampaikan, serta penguasaan skill penyampaian.

Untuk menumbuhkan ketiga hal tersebut perlu sebuah usaha pembiasaan. Dan untuk menjadikan hal itu sebagai sebuah kebiasaan dalam diri seseorang secara permanen, maka perlu ditanamkan beberapa faktor: Pertama, paham. Tanpa pemahaman yang utuh, orang tidak akan dapat bekerja dengan ikhlas, lemah produktiftas, dan tidak akan tahan lama. Kedua, memiliki skill. Orang yang tidak memilki skill biasanya akan bekerja dengan cemas dan minder. Ketiga, kemauan. Dengan kemauan, kita dapat beramal secara konsisten dalam rentang waktu yang lebih lama.

Ada beberapa kiat praktis untuk meningkatkan rasa percaya diri. Utamanya meliputi aspek kemauan, pemahaman serta keterampilan. Untuk memenuhi aspek kemauan, Anda perlu melakukan berbagai usaha. Antara lain:

1. Bekerjalah dengan Ikhlas. Yakinkan bahwa seluruh amalan baik akan mendapatkan pahala walau tidak enak untuk dikerjakan.

2. Kerjakan setiap aktifitas dengan penuh tanggung jawab, memiliki landasan nilai (vaIue) dan prinsip-prinsip yang kuat.

3. Milikilah kebiasaan menerima. Ini akan meningkatkan rasa memiliki.

4. Tingkatkan rasa tanggung jawab pribadi. Dengan itu, rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan problem umat akan tumbuh.

5. Miliki kebiasaan mempertahankan hak. Dengan cara mendorong sikap percaya diri untuk membela hak-hak kita yang hilang.

6. Milikilah kebiasaan hidup dengan tujuan. Tanpa tujuan yang kuat tak akan ada target dan kurang termotivasi untuk melakukan aktifitas yang baik sekalipun.

7. Memiliki integritas diri. Kekuatan utama bagi penyeru kebaikan terletak pada kekuatan integritas, yaitu kesatuan antara ucapan, statement tertulis dan tindakan kita.

Sedangkan untuk aspek pemahaman dan keterampilan, barangkali beberapa langkah berikut bisa Anda usahakan:

1. Milikilah catatan/referensi materi dan agenda yang rapi.

2. Siapkan materi yang akan disampaikan. Naik panggung tanpa persiapan, maka turun panggung penuh dengan kehinaan.

3. Bacalah buku-buku referensi, ini sangat membantu meningkatkan pemahaman.

4. Milikilah hafalan yang baik. Orang berbicara mengandalkan apa yang diingat.

5. Ambillah selalu kesempatan untuk tampil dimuka umum kapan saja. Sebagai latihan melancarkan kemampuan bicara dan kontrol diri.

6. Ikutilah beberapa pelatihan, semisal pelatihan Training for Trainer, atau sejenis pelatihan untuk pelatih dan fasilitator yang membekali skill mengajar.

Dengan kecakapan dalam bidang pemahaman dan keterampilan, ditambah kemauan yang keras, insya Allah usaha perbaikan, mengajak manusia ke jalan yang diridhai Allah akan punya hasil dan rentang usia yang panjang.

Sumber : http://beranda.blogsome.com/