Selasa, 03 April 2012

Makna Murah Dalam Persaingan Bisnis [Bagian 1]

“Harga merupakan identitas suatu produk yang bisa berubah setiap saat, identitas disini karena harga merupakan informasi yang identik dengan sebuah produk.”

Dulu saya sempat mendapatkan stigma yang salah ketika saya mulai terjun ke dalam dunia bisnis online. Yaitu sebuah pernyataan yang menyatakan bahwa apabila kita menjual suatu barang dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan orang lain yang menjual produk yang sama, maka sudah pasti kita akan menang dalam persaingan bisnis dan mendapatkan keuntungan yang banyak.

Tapi, pada kenyataannya semua itu tidak seratus persen benar. Karena ternyata fluktuasi harga merupakan hal yang biasa, namun alasan perubahan itu juga cukup penting, namun sayangnya banyak sekali produk yang kehilangan identitasnya dengan memberikan diskon besar-besaran karena menjadi korban persaingan, semua agar terkesan murah. Biasanya kecenderungan ini terjadi pada pengusaha yang baru dalam bisnisnya. Padahal harga sebagai identitas dalam sebuah persaingan online bukan karena yang paling murah.

Ketika dalam persaingan online yang semakin ketat, maka masih banyak yang berpikir dengan menurunkan harga menjadi paling terendah daripada yang lain adalah identik dengan terjadinya peningkatan penjualan, padahal tidak selamanya seperti yang diharapkan. Karena dalam persaingan harga di media online penurunan harga dari pesaing ada beberapa sebab:

Pertama, pesaing sedang kesulitan keuangan sehingga tidak untungpun dalam penjualan tidak masalah.

Kedua, sedang menghabiskan produk tertentu untuk mengganti jenis produk lain

Ketiga, karena ada peningkatan volume produksi atau kelebihan stok

Keempat, Upaya jangka pendek sekedar menarik perhatian pasar

Kelima, mau bangkrut untuk menutup utang

Jadi, tidak semua kebijakan menurunkan harga menjadi murah itu sama bagi setiap penjual. Dari kelima sebab tersebut, orang cenderung selalu mengikuti nafsu untuk berusaha mematahkan setiap persaingan dengan penjual lain. Justru malah yang ada nantinya akan terjadi perang harga yang mungkin berujung pada jatuhnya harga suatu produk di pasaran.

Contohnya seperti yang sering saya alami dalam penjualan produk-produk herbal, kini herbal bukan sebuah produk asing lagi yang dikonsumsi oleh kalangan tertentu. Masyarakat luas sekarang ini sudah mengenal produk herbal yang begitu banyak dengan beragam khasiatnya. Dan dengan begitu banyak permintaan dari pasar, memunculkan peluang untuk usaha penjualan produk herbal ini.

Dengan banyaknya agen-agen ataupun pedagang kecil yang menjual produk herbal, persaingan harga di pasaran begitu ketat. Satu agen dengan agen lainnya berlomba-lomba untuk menurunkan harganya hingga di bawah harga eceran tertinggi. Hal ini berdampak pada perbedaan harga yang sangat mencolok dan berujung pada jatuhnya harga barang tersebut. Padahal, kalau mau fair, sesama pedagang tidak perlu untuk melakukan seperti itu, justru dengan stabilnya harga dan tidak terlalu menjatuhkan harga menjadi sangat murah. Konsistensi produk tersebut akan bisa berlangsung lama. Dan pedagang pun akan memperoleh laba yang lumayan, karena harga yang stabil dan masyarakat pun tidak akan banyak membandingkan harga antara satu pedangan dengan pedagang lainnya.

Kesimpulannya, fluktuasi harga suatu produk memang diperkuat banyak latar belakang yang berbeda antara satu pedagang dengan pedagang lainnya. Jadi jangan mengambil keputusan yang salah dengan mencoba menurunkan harga, karena itu memang bukan satu-satunya solusi. Pada bagian kedua tulisan ini kita membahas tentang hal-hal yang bisa mempengaruhi penentuan harga, solusi dalam menghadapi persaingan harga dan bagaimana menciptakan web yang super informative supaya bisnis online anda berjalan dengan optimal.

Semoga bermanfaat

Sumber : http://themenworlds.com/2011/12/20/makna-murah-dalam-persaingan-bisnis-bagian-1/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar