Tentunya sebagian besar kita sudah akrab dengan media sosial (social media) seperti halnya Facebook, twitter dan lain-lain. Sosial media memiliki banyak potensi besar bagi bisnis termasuk usaha kecil. Sayangnya, ada sedikit ketakutan bagi para pemilik usaha kecil berkaitan dengan besarnya biaya yang dikeluarkan untuk sewa bandwidth pada media sosial. Namun jika kita bisa mengoptimalkan peran social media bagi bisnis kita, dengan menyeimbangkan ROI (Return Of Investment) maka ketakutan itu tidak perlu muncul. Social media bisa dimanfaatkan sebagai strategi marketing bagi bisnis kita.
Sesungguhnya, jika dibagi dari aspek fungsionak, social media memiliki dua hal yaitu:
* Marketing, social media dipergunakan sebagai media untuk marketing/pemasaran produk-produk anda. Sebagai tempat berkumpul baru bagi calon pelanggan social media memiliki potensi besar untuk memperkenalkan produk anda.
* Communication, Selain sebagai media pemasaran, social media berdifat interaktif sehingga calon pelanggan tidak hanya melihat iklan produk anda saja tetapi juga bertanya sampai terlibat dalam deal mempergunakan produk anda.
Melihat fungsi yang cukup potensial tersebut banyak hal bisa dilakukan pada social media. Jika deal sudah dilaksanakan, Social Media bisa dimanfaatkan untuk bercakap-cakap dengan pelanggan. Mengucapkan terimakasih telah menggunakan produk kita, sangat membantu pemasaran usaha.(Galeriukm).
Sumber : http://galeriukm.web.id/artikel-usaha/mengoptimalkan-peran-social-media-bagi-bisnis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar