Selasa, 06 Maret 2012

Menggunakan Press Release Sebagai Media Pemasaran

Dalam mensinergikan 12 Pilar Pemasaran bagi bisnis kita, pilar pertama adalah menggunakanStrageti Pemasaran Public relation, publisitas atau press realese. Seberapa jauh sesungguhnya peran press release ini dalam membangun sukses pemasaran bisnis kita. Press Release,Public Relation merupakan suatu sarana awareness yang paling murah dan efektif, karena dalam satu waktu bisa menyentuh banyak orang sekaligus. Efek dari Press Release bisa menjangkau pelanggan hingga sangat luas, karena dengan cara ini apa yang kita sampaikan bisa diterima pelanggan meski tidak berhadapan langsung dengan marketing.

Cara Press release ini telah dipraktekan oleh Pak Tung pada saat me-launching buku Financial Revolution (FR). Pada waktu itu, Pak Tung menaiki kuda setinggi dua meter, memakai blangkon, dan berpakaian ala Jenderal Sudirman dengan membawa buku FR dalam skala besar sambil menyusuri Jalan Jenderal Sudirman Jakarta, yang merupakan salah satu jalan teramai dan terpadat di Jakarta pada jam dua siang.

Jalan Sudirman pun sempat dihentikan.Pada saat itu banyak sekali wartawan dari berbagai media massa yang meliput aktivitas saya tersebut, dari media lokal hingga nasional,mulai koran, majalah, radio hingga televisi, dan semuanya GRATIS. Hingga akhirnya, liputan tersebut menjadi cover majalah untuk berbagai media massa, atau menjadi liputan utamanya.

Sebelum acara tersebut, Pak Tung telah mengirimkan surat kepada para wartawan dari berbagai media massa yang bunyinya sebagai berikut: Kami akan mengadakan launching buku Financial Revolution,peluncurannya akan dilakukan dengan cara yang sangat heboh. Menggunakan kuda setinggi dua meter, menggunakan blangkon dan pakaian ala Jenderal Sudirman, dan melintasi jalan Jenderal Sudirman,dimulai dari jam dua siang.

Dengan berita yang sangat heboh seperti itu, ditambah dengan berbagai hadiah menarik yang akan diundi, ternyata terbukti bahwa sangat banyak wartawan dari berbagai media yang tertarik dan datang untuk meliput acara tersebut. Dengan demikian, sebenarnya telah dilakukan penghematan hingga ratusan juta rupiah untuk liputan dalam rangka mempromosikan peluncuran buku Financial Revolution tersebut.

Banyak pelajaran dalam Marketing Revolution ini yang sudah dipraktikkan sendiri oleh Pak Tung ,atau banyak orang lain yang sudah mempraktikkan dan akhirnya mampu menghasilkan suatu target pemasaran yang dahsyat. Oleh karena itu, sekarang giliran Anda untuk PRAKTIK apa yang telah Anda baca selama ini mengenai Marketing Revolution.

Sumber:
http://www.gsn-soeki.com/wouw/
http://galeriukm.web.id/artikel-usaha/menggunakan-press-release-sebagai-media-pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar