Rabu, 28 Maret 2012

Syarat Sukses Memenangkan Persaingan Bisnis

Bisnis apapun memiliki peluang yang sama besar untuk menjadi sukses. Yang perlu dipahami adalah untuk memulai sebuah bisnis, Anda harus punya keberanian untuk gagal dan tetap kuat untuk bertahan di dalamnya. Seperti ungkapan Napoleon Bonaparte, “Saya tidak pernah khawatir tentang apa yang akan saya lakukan untuk memenangkan pertarungan, tetapi saya selalu tahu persis apa yang saya lakukan ketika saya kalah dalam pertarungan.”

Berikut ini adalah beberapa syarat untuk menjalankan bisnis dengan tepat dan memenangkan persaingan:

1. Be the first
Sebagai yang pertama dalam menjalankan suatu bisnis, Anda punya peluang sukses lebih besar. Menjadi yang pertama membuat Anda dikenal lebih awal dan dianggap sebagai pelopor. Sebuah kategori produk/ jasa yang benar-benar baru menjadikan Anda pemain tunggal di kategori tersebut dan tidak perlu berkompetisi dengan pebisnis yang lain. Pasar hanya perlu diedukasi tentang manfaat dan fitur produk/ jasa yang Anda tawarkan, jika produk tersebut memang memberikan solusi bagi konsumen. Setelah itu, tinggal menunggu waktu untuk melihat bisnis Anda menggelinding seperti bola salju meraih kesuksesan. Keberanian berspekulasi menjadi yang penting.

2. Be the different
Peta persaingan bisnis saat ini seperti perang yang berdarah-darah. Kompetisi sangat keras, dan akan melindas pemain yang tidak bisa bersaing. Karena itulah, Anda harus bersaing dengan menyediakan produk yang memiliki keunggulan. Keunggulan inilah yang membedakan Anda dengan kompetitor. Produk Anda akan langsung dikenal konsumen karena perbedaan tersebut. Hindari penggunaan faktor harga sebagai pembeda produk Anda. Sebaliknya, carilah faktor unik lain dari produk Anda.

3. Be the best
Tidak mudah menjadi yang terbaik di segala bidang. Carilah satu kualitas yang bisa Anda kerjakan dengan sangat baik sehingga karena kualitas tersebut, bisnis Anda menjadi yang paling baik daripada para kompetitor. Anda cukup menjadi yang terbaik di satu kualitas, tidak perlu berambisi menjadi terbaik di segala hal. Dengan satu kualitas itulah, bisnis Anda akan bisa dilirik oleh para konsumen. Tentu akan sulit bagi para konsumen menolak tawaran Anda, karena mereka tidak akan mendapatkan kualitas tersebut dari kompetitor yang lain.

Mulailah bersungguh-sungguh dalam kehidupan, bersungguh-sungguh dalam segala sesuatu, karena sukses hanya akan datang kepada mereka yang selalu bersungguh-sungguh. Dan bersungguh-sungguh merupakan kata kunci dalam meraih kehidupan indah nan bahagia, karena seluruh perjalanan hari-hari kita selalu dihiasi oleh sukses yang tiada akhir.

Sumber : www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar